Ketua KIP: Kedepankan Ide dan Hindari Black Campaign

 

Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menggelar Deklarasi Pilkada Kota Banda Aceh Berintegritas dan Damai, Sabtu (5/11/2016) di Taman Bustanussalatin (Taman Sari). 

Acara ini diikuti oleh kedua pasangan calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Banda Aceh 2017-2022. Keduanya yakni pasangan nomor urut satu Illiza Sa’aduddin Djamal-Farid Nyak Umar dan nomor urut dua Aminullah Usman-Zainal Arifin.

Mengusung tema “Meneguhkan Komitmen Bersama Mewujudkan Pilkada yang Demokratis dan Bermartabat”, acara ini turut dihadiri oleh segenap unsur Forkopimda Banda Aceh serta ribuan pendukung kedua pasangan calon.

Dalam sambutannya, Ketua KIP Banda Aceh Munawarsyah mendorong seluruh stakeholder untuk berikhtiar mengajak semua warga kota untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Banda Aceh 15 Februari 2017 mendatang. “Tingkat partisipasi masyarakat yang memilih kita targetkan minimal 65 persen,” katanya.

Ia pun mengajak kedua pasangan calon beserta tim sukses dan simpatisannya untuk mengedepankan ide-ide atau gagasan dalam berkampanye dan menghindari hal-hal yang berbau fitnah seperti black campaign.

“Mari kita jaga bersama proses Pilkada guna menghasilkan pemimpin yang memiliki legitimasi kuat,” ajaknya seraya menyebutkan 152 ribu lebih warga kota akan menggunakan hak pilihnya di 415 TPS yang tersebar di Banda Aceh. 

Kepada segenap unsur penyelenggara Pilkada, ia meminta agar tetap menjaga netralitas, independensi, dan integritas sesuai dengan harapan warga. “Penyelenggara yang terbukti berpihak akan ditindak tegas. Mari tunjukkan komitmen kita mewujudkan Pilkada Banda Aceh yang bermartabat dan berintegritas.” 

“Siapapun yang akan terpilih nanti merupakan pemimpin kita. Kedaulatan ada di tangan rakyat. Legitimasi akan diraih jika pasangan calon mampu merebut hati rakyat. Rakyat yang akan menentukan pemimpinnya untuk lima tahun mendatang,” pungkasnya disambut tepuk tangan hadirin.

Selanjutnya secara berturut-turut, Dandim 0101/BS Letkol Inf Mahesa Fitriadi, Kapolresta Kombes Pol T Saladin, dan Plt Wali Kota Banda Aceh Hasanuddin Ishak, naik ke atas panggung. Mereka juga ikut menyerukan kepada seluruh pihak untuk bersama-sama mewujudkan Pilkada Banda Aceh yang berintegritas dan damai. 

Pada kesempatan itu, kedua kandidat calon Wali Kota Banda Aceh; Illiza dan Aminullah yang didampingi pasangannya dan ketua timsesnya juga diberikan kesempatan untuk berorasi singkat di hadapan ribuan warga yang hadir.

Acara yang berlangsung semarak itu diakhiri dengan pembacaan dan penandatanganan naskah deklarasi Pilkada Berintegritas dan Damai oleh kedua pasangan calon. Deklarasi tersebut memuat tiga poin utama, yakni para pihak siap menciptakan Pilkada yang berintegritas dan damai, siap mewujudkan kebersamaan dan menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta siap tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Beberapa ekor Merpati putih sebagai simbol perdamaian juga dilepas oleh kedua pasangan calon dan seluruh unsur Forkopimda. Selamat berpesta demokrasi Banda Aceh(Jun)


Update: 05-11-2016


SHARE: