Chek Zainal Salurkan BLT Tahap III di Kuta Alam

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) untuk warga terdampak pandemi Covid-19.

Penyaluran BLT-DD ini dilakukan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin untuk warga di gampong-gampong dalam Kecamatan Kuta Alam, Rabu (15/7/2020) di halaman kantor camat setempat.

Sosok yang disapa Chek Zainal menyerahkan BLT ini bersama Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat, Faisal SSTP, Kepala DPMG Banda Aceh, Dwi Putrasyah, Camat Kuta Alam, Reza Kamilin dan para Camat dalam wilayah Kota Banda Aceh.

Ada 11 warga penerima manfaat mewakili 11 gampong di Kuta Alam yang menerima BLT secara simbolis ini. Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima masing-masing Rp 600 ribu.

Proses penyaluran dilakukan sesuai protokol kesehatan dimana panitia mengatur jarak dan semua yang hadir di lokasi memakai masker.

Selanjutnya seluruh penerima BLT akan dilayani di gampong-gampong oleh masing-masing Keuchik bersama aparatur gampong. Ditargetkan, BLT ini selesai disalurkan kepada seluruh KPM selama tiga hari.

Wakil Wali Kota, usai menyerahkan bantuan ini meminta warga selaku KPM dapat memanfaatkan BLT ini untuk kebutuhan pokok keluarga. Karena, lanjutnya bantuan tersebut merupakan kebijakan pemerintah membantu masyarakat yang mata pencahariannya hilang akibat virus Corona. Syaratnya penerima BLT Dana Desa ini juga tidak menerima bantuan perlindungan sosial lainnya dari pemerintah, seperti BST, BNPT dan PHK.

Dalam arahannya, Chek Zainal juga mengingatkan agar warga agar tidak menggunakan BLT tersebut untuk kebutuhan yang tidak mendesak.

“Janganlah gunakan uang BLT ini untuk ganti HP. Untuk sementara saya pikir kita bersabar, pakai saja HP yang sudah ada, belum perlu beli yang baru,” ujar Chek Zainal mencontohkan.

Informasi dari Camat Kuta Alam, Reza Kamilin, seluruhnya di kecamatan tersebut penerima BLT Dana Desa berjumlah 847 KPM.

”Tadi ada 11 warga perwakilan dari 11 gampong yang diserahkan BLT oleh Pak Wakil Wali Kota dan Kepala DPMG. Selanjutnya kita akan menyiapkan BLT tahap IV, V dan VI yang mulai kita salurkan di Juli juga, Agustus dan September. Jumlahnya Rp 300 ribu per bulan sesuai dengan Permendes Nomor 7 Tahun 2020,” ungkap Reza Kamilin.

Sementara, Kepala DPMG Kota Banda Aceh, Dwi Putrasyah menyampaikan untuk seluruh Banda Aceh, total realisasi BLT Dana Desa tahap I, II dan III seluruhnya mencapai Rp 14.062.200.000.

Jumah KPM seluruhnya adalah 7.829 KPM (tahap I), 7.816 KPM (tahap II) dan 7.792 KPM (tahap III). []


SHARE: