Gandeng KPJ Tawakkal, DSI Banda Aceh Gelar Seminar Kesehatan

 

Banda Aceh – Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Banda Aceh ke-812, Dinas Syariat Islam (DSI) Kota Banda Aceh bekerjasama dengan KPJ Tawakkal Specialist Hospital Perwakilan Aceh menggelar seminar kesehatan bertema “Sehat Itu Ibadah”, Kamis (18/5/2017). Pesertanya terdiri dari para pegawai di lingkungan Pemko Banda Aceh, kalangan mahasiswa dan juga masyarakat umum.

Acara yang berlangsung di Aula Lantai IV Gedung A Balai Kota Banda Aceh ini menghadirkan tiga pembicara yakni Badrin Hussin selaku CEO KPJ Tawakkal, Joachim John Fernandes Head of Physiotherapist KPJ Tawakkal, Bgd Alfridsyah SKM MKes KP Kesmas dengan materi “Pola Makan Sehat Secara Islam”, dan Husni Suardi perwakilan dari Dai Perkotaan.

Dalam sambutan tertulis Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan Keistimewaan dan Kesra Bachtiar saat membuka acara, disebutkan sejak 2007 pada awal memimpin Banda Aceh, pihaknya telah berkomitmen bahwa peningkatan derajat kesehatan masyarakat merupakan salah satu prioritas.

“Alhamdulillah dalam sepuluh tahun terakhi, Pemko Banda Aceh terus memberikan perhatian besar terhadap peningkatan derajat kesehatan warga kota. Karena kami meyakini, untuk membangun kota ini pasca gempa dan tsunami, dibutuhkan generasi yang tidak hanya memahami nilai-nilai agama dan ketauhidan, namun juga yang cerdas dan sehat.”

Menurutnya, Islam jauh-jauh hari sudah memberikan petunjuk secara jelas, komplit dan terpadu tentang konsep pentingnya menjaga kesehatan baik seara jasmani maupun rohani. Di antaranya menjaga thaharah, menjaga makanan, dan olahraga. “Adapun konsep menjaga kesehatan rohani menurut islam adalah melaksanakan salat lima waktu, berzikir, berbaik sangka, ikhlas, sabar, syukur, menjaga hati dari sifat kikir, sombong, riya, ujub dan lain sebagainya.”

Di akhir sambutannya, wali kota kembali mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan. “Kami yakin dengan semakin meningkatnya derajat kesehatan warga, maka mewujudkan Banda Aceh sebagai Kota Madani yang Gemilang akan semakin terbuka lebar,” katanya seraya mengapresiasi DSI dan KPJ Tawakkal yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan tersebut.

Sebelumnya di tempat yang sama, Ketua Panitia Hafsah menyebutkan seminar bertema “Sehat Itu Ibadah” ini merupakan salah satu upaya pihaknya dalam mengembangkan syiar islam. “Momen ini juga dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Semoga dengan badan dan fikiran yang sehat, Ramadan akan membawa berkah bagi kita semua.”

“Saat ini kita juga tengah membangun hubungan berkelanjutan dengan KPJ Tawakkal terkait jasa tur sehat ke negeri jiran. Semoga ilmu dan informasi yang didapatkan peserta dalam kegiatan ini nantinya dapat diteruskan kepada keluarga di rumah dan juga masyarakat,” harap Kabid Pengembangan Syariah dan Dayah DSI Banda Aceh ini. (Jun)


Update: 18-05-2017


SHARE: