Nurmiati Buka Pelatihan Penilaian dan Laporan Perkembangan Berkala PAUD

*Sebut Tugas Guru PAUD sebagai Pembentuk Karakter Bangsa*

Banda Aceh – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Banda Aceh Nurmiati AR membuka secara resmi Pelatihan Penilaian dan Laporan Perkembangan Berkala PAUD tingkat Kota Banda Aceh, Kamis 8 April 2021.

Kegiatan yang digelar oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Banda Aceh selama dua hari itu, dipusatkan di PAUD Quratta A’yun, Asrama Putri Islam Cut Mutia, Jalan Tgk Chik Ditiro.

Dalam sambutannya di hadapan 60 lebih guru PAUD perwakilan dari sembilan kecamatan se-Banda Aceh, Nurmiati mengungkapkan pentingnya kegiatan tersebut. “Ini sebagai upaya menginformasikan hasil perkembangan anak selama menglikuti proses pembelajaran di PAUD.”

Menurut Nurmiati, pelatihan hari ini akan sangat berguna bagi semua pihak, orangtua, guru, dan anak sendiri. Bagi orangtua diharapkan dapat menentukan upaya dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. “Bagi guru sebagai masukan dalam merancang kegiatan selanjutnya untuk setiap anak,” katanya.

“Dan bagi anak sendiri sebagai dorongan atau motivasi dalam mengembangkan diri untuk ke depannya,” kata istri Wali Kota Banda Aceh ini seraya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Insya Allah ini akan memberikan kekuatan bagi kita semua dalam membentuk generasinpenerus bangsa yang aktif, kreatif, sehat, cerdas, dan ceria.”

Pada kesempatan itu, ia juga menyatakan bangga pada para pendidik PAUD Banda Aceh yang tidak jenuh menuntut ilmu demi mencerdaskan anak bangsa. “Karena seperti yang kita ketahui, PAUD adalah jenjang pendidikan yang sangat menentukan masa depan bangsa,” ujarnya.

Tugas seorang guru PAUD, ujarnya lagi, bukan sekedar mengajak anak bermain dan belajar serta mengenalkan huruf dan angka semata. “Tapi sekaligus membentuk karakter bangsa ini di masa depan. Tentu ini bukanlah tugas yang ringan, bukan tugas biasa, tetapi benar-benar tugas besar yang luar biasa,” katanya.

Turut hadir pada acara yang menerapkan prokes pencegahan Covid-19 secara ketat itu, Ketua Himpaudi Aceh Nina Afriyanti, Ketua Himpaudi Banda Aceh Ruwaida, Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal Disdikbud Banda Aceh Muhammad, Penilik PAUD Banda Aceh Intan Nirwana, dan sejumlah tamu undangan lainnya. (Jun)


SHARE: