Putaran Final Liga Baveti Tahun 2022 Dimulai

Aminullah/Fredy Bawa Baveti Aceh Unggul

Banda Aceh – Putaran final (Babak 12 besar) Liga Baveti Tahun 2022 resmi dimulai.

Turnamen ini dibuka langsung Ketua Umum Barisan Atlet Veteran Tenis Indonesia (Baveti) Provinsi Aceh, Aminullah Usman, Jumat (20/5/2022) di Lapangan Tenis Jasdam Iskandar Muda, Neusu Banda Aceh.

Aminullah sendiri tampil membela tim juara bertahan, Baveti Provinsi Aceh pada kejuaraan yang dirangkai dalam peringatan HUT Kota Banda Aceh ke 817 ini.

Aminullah Usman yang juga Wali Kota Banda Aceh berpasangan dengan Fredi pada KU Pengurus.

Bertanding di Grup A, Aminullah/Fredy membawa Baveti Aceh unggul dengan skor besar 5-0 atas Aceh Tengah. Pasangan ini menyumbang poin saat mengalahkan pasangan Aceh Tengah, Mahyuddin/Win Suhada dengan skor telak 7-3.

Putaran final Liga Baveti mempertandingkan lima partai. Selain poin yang disumbangkan Aminullah/Fredy, pasangan ganda Baveti Aceh lainnya juga menyumbang poin, yakni dari pasangan Zul Kidal/Kurnia (KU 45), Popon/Herman (KU 50), Imsar/Murwansyah (KU 55) dan Iskandar Salman/Ruslan (KU 60).

Dengan hasil ini, Aminullah Cs sementara memimpin Grup A. Grup ini dihuni tiga tim, yakni Baveti Provinsi, Baveti Aceh Tengah dan Baveti Pidie.

Di Grup B yang bercokol Aceh Timur, Aceh Selatan dan Aceh Jaya juga telah melangsungkan pertandingan. Aceh Timur sementara memimpin klasemen setelah unggul atas Aceh Selatan 5-0.

Di grup C, Lhokseumawe memimpin setelah berhasil mengalahkan Aceh Singkil 4-1. Satu tim lagi di grup ini dihuni Gayo Lues.

Sementara di Grup D, Aceh Barat yang mengandaskan perlawanan Aceh Utara 5-0 sementara berjaya. Tim dari Bumi Teuku Umar ini diprediksi akan lolos karena menyisakan satu pertandingan lagi melawan Aceh Besar.

Liga Baveti Tahun 2022 menggunakan sistem setengah kompetisi. Masing-masing juara grup akan melangkah ke babak semifinal.

Ketum Baveti Aceh, Aminullah Usman saat membuka kegiatan ini mengatakan Liga Baveti Aceh menjadi ajang dalam memaksimalkan prestasi pertenisan Aceh.
“Selamat datang seluruh pengurus dan Baveti dari seluruh daerah di Banda Aceh. Semoga kejuaraan ini dapat kita gunakan semaksimal mungkin dalam rangka meningkatkan prestasi pertenisan Aceh,” ujar Aminullah.

Selain itu, event ini juga menjadi ajang silaturrahmi, hiburan bagi masyarakat setelah sempat vakum karena pandemi Covid-19.
“Semua kegiatan sempat terhenti karena pandemi. InsyaAllah kita akan menuju zona hijau dimana semua aktifitas bisa berjalan lagi seperti biasa,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, mantan Dirut BPD Aceh ini mengatakan berbagai kegiatan digelar lagi seiring pengendalian Covid-19 yang mulai membaik. Katanya, berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan sosial, keagamaan, olahraga digelar bertepatan dengan HUT Kota Banda Aceh ke 817. Aneka kegiatan tersebut akan ditutup pada Juni secara menyeluruh.
“Mudah-mudahan melalui ultah ini menjadi kebangkitan bagi Banda Aceh, agar kota kita semakin maju dan berkembang dan terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” harapnya.

Terkait event olahraga, Liga Baveti bukan satu-satunya turnamen yang akan digelar di Banda Aceh. Pada Oktober nanti, ‘Kota Gemilang’ juga dipercaya oleh Baveti pusat sebagai tuan rumah Kejurnas Baveti tahun 2022.
“Kejuaraan Baveti ini akan membuat Banda Aceh dikunjungi banyak orang dari seluruh Indonesia. Akan ada multiplier effect, akan mendorong pergerakan ekonomi masyarakat,” kata Aminullah.[]


SHARE: