Sambut Ramadhan, Pemko Kembali Hadirkan Pasar Murah Keliling

Paket Sembako Seharga Rp260 Ribu Bisa Dibeli Hanya Rp180 Ribu

Banda Aceh – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H, Pemerintah Kota Banda Aceh Kembali menghadirkan program pasar murah keliling. Program yang diberi nama Pasar Murah Keliling Meutaloe Wareh itu bakal digelar selama lima hari, mulai 13 s/d 17 Maret 2023.
“Program ini menjadi prioritas kita dalam rangka menghadirkan bahan pokok murah bagi warga kota. Apalagi harga sembako cenderung naik jelang bulan suci Ramadhan,” kata Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Banda Aceh, M Nurdin, Senin (13/3/2023).

Selain itu, pasar murah keliling juga bertujuan sebagai salah satu strategi Pemko Banda Aceh dalam mengendalikan laju inflasi di ibu kota provinsi sesuai instruksi Presiden Jokowi.

Sebagaimana diketahui, kata Nurdin, Bapak Pj Wali Kota Bakri Siddiq menaruh perhatian serius pada program-program pengendalian inflasi.
“Pj Wali Kota bahkan menargetkan angka inflasi di Banda Aceh bisa ditekan hingga di bawah 5%. Karenanya pasar murah keliling menjadi salah-satu program untuk menindaklanjuti arahan Pak Wali,” ungkap M Nurdin.

Kata Nurdin, ada lima komoditas yang disediakan dengan mobil bus keliling yakni beras 10 kg, minyak goreng 2 liter, gula 2 kg, tepung 1 kg dan telur 30 butir (satu papan).

Ia menjelaskan, beras 10 kg disediakan dengan harga beli hanya Rp75 ribu , minyak goreng 2 liter Rp32 ribu, gula 2 kg Rp25 ribu, tepung 1 kg Rp10 ribu, dan telur 30 butir hanya Rp38 ribu.

Harga jual yang lebih murah dari harga pasar bisa didapatkan oleh masyarakat kota karena telah disubsidi oleh pemerintah.
“Satu paket sembako seharga Rp260 ribu bisa dibeli masyarakat hanya dengan Rp160 ribu saja, karena sudah kita subsidi,” jells M Nurdin.

Pasar murah keliling ini dimulai hari ini (Senin, 13/3) di halaman taman sulthanah safiatuddin Gampong Bandar Baru. Kemudian, dilanjutkan 14 Maret di Halaman PLTD Apung Punge Blang Cut, 15 Maret di Halaman Gedung Pustu Gampong Panteriek, 16 Maret di Halaman Mesjid Gampong Neusu Aceh, dan 17 Maret di Gampong Punge Jurong.

“Untuk setiap hari selama pasar murah keliling digelar kita sediakan 800 paket. Masyarakat juga dapat membeli per item komoditas, tidak harus membeli per paket,” jelas Nurdin.

Nurdin mengajak masyarakat kota mendatangi lokasi-lokasi pasar murah keliling yang telah ditentukan dan berbelanja dengan tertib.[]


SHARE: