Pelajari Al-Quran Untuk Hadapi Tentangan Global

Upaya-upaya tersebut tidak hanya ke arah pembelajaran Al-Quran dengan ilmu tajwid dan irama yang bagus, akan tetapi bagaimana Al-Quran dipelajari secara lebih mendalam yaitu menghafal (hafizh) dan memahami isi kandungannya. Untuk menghadapi tantangan global di masa mendatang, diperlukan generasi-generasi yang tangguh yang mampu membaca, manghafal, memahami, mengamalkan dan mendakwahkan Al-Quran secara baik.

Demikian disampaikan Pj Walikota Banda Aceh Drs T Saifuddin T A M Si pada acara pembukaan pembelajaran kelompok Tahfizh Alquran, Minggu malam (4/3) di Mesjid Al-Abrar Gampong Lamdingin Kecamatan Kuta Alam. Dikatakannya lagi, Lewat program Tahfiz Al-Qur’an kita berharap dapat mewujudkan Generasi Qur’ani yang mampu menghafal Alquran ditandai dengan hadirnya imam-imam shalat yang hafizh di setiap masjid dalam Ibukota Serambi Mekkah ini. Demikian juga, para hafizhah dapat memperkuat pendidikan keluarga dan masyarakat lewat peran perempuan dan ibu yang hafal Al-Qur’an.

Walikota juga menyampaikan, sejauh ini Pemko Banda Aceh terus berkomitmen untuk melakukan program-program pendidikan berbasis Islam bagi anak-anak usia sekolah. Bukti nyata dari program tersebut, saat ini pemko telah melakukan program pendidikan diniyah bagi 13 Sekolah Dasar di Banda Aceh, dan telah menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. “ Kita sangat bangga melihat kemampuan anak-anak kita di 13 Sekolah tersebut, dimana pengetahuan mereka tentang Islam jauh lebih baik dari anak-anak sekolah lain yang belum menerapkan pendidikan diniyah” ujar mantan Sekdakota ini.

Sementara itu, kadis Syariat Islam Kota Banda Aceh Drs Saed Yulizal M.Si dalam laporannya mengatakan sampai saat ini pemko telah membuka tempat pembelajaran tahfizh al-Quran sebanyak 20 lokasi dimana tempatnya dipusatkan di Mesjid-mesjid Gampong dalam Kota Banda Aceh. Kedepan, Saed Yulizal mengatakan akan terus membuka tempat belajar mengahafal Al-Quran ini hingga seluruh gampong-gampong dalam Ibukota Provinsi ini. Tujuan dari program ini adalah untuk mempelajari Al-Quran bagi anak-anak secara lebih mendalam, yaitu dengan menghafal dan memahami isi kandungannya.

(Sumber : Humas Setda Kota Banda Aceh/MKK)


SHARE: