90 Kader Posyandu Ikuti Pelatihan TAT

Banda Aceh-Sebanyak 90 kader posyandu dari 90 gampong di Kota Banda Aceh mengikuti pelatihan peduli TAT (Tumbuh Aktif Tanggap). Pelatihan tersebut digelar oleh TP PKK Kota Banda Aceh yang dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Banda Aceh Ir. Nurshanty Adnan di aula balaikota Banda Aceh Rabu (18/9).

Ketua TP PKK Banda Aceh Nurshanti menyebutkan bahwa lemahnya penguasaan pengetahuan dan ketrampilan kader bepengaruh pada jumlah kunjungan masyarakat ke Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu).

Untuk mengatasi hal tersebut pihaknya menggelar pelatihan peduli TAT sehingga dedikasi para kader akan meningkat dan dengan sendirinya akan menimbulkan kepercayaan diri untuk melayani masyarakat melalui posyandu.

Nurshanty berharap dengan adanya pelatihan tersebut para kader akan mampu mendeteksi tumbuh kembang balita dalam rangka memberikan pelayanan maksimal masyarakat.

“Mari sama-sama kita tingkatkan kepedulian terhadap tumbuh kembang anak karena mereka aset bangsa,” kata Nursanty Adnan.

Menurutnya Tingkat partisipasi masyarakat memeriksakan kesehatan balita ke Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu) masih rendah, kondisi ini salah satunya dipengaruhi lemahnya penguasaan pengetahuan ditambah Kurangnya kepercayaan terhadap kinerja kader Posyandu. Dan  untuk mengatasi rendahnya kemampuan kader perlu adanya pelatihan yang tepat.

Para kader Posyandu yang selama ini hanya melayani kegiatan pendaftaran, penimbangan, pencatatan serta penyuluhan saat ini dapat dikembangkan lagi menjadi layanan TAT dari balita bekerja sama dengan orang tua sehingga anak dapat tumbuh secara optimal sebagai upaya membangun generasi cerdas.

Pelatihan tersebut akan berlangsung selama dua hari (18-19) yang akan diisi oleh beberapa pemateri.

Pada acara tadi nurshanty menyerahkan sejumlah hadiah kepada posyandu seulanga dari gampong jawa yang keluar sebagai juara pertama lomba posyandu peduli TAT se kota banda aceh.

Hadir pada acara itu ketua DWP Kota Banda Aceh, beberapa kepala skpd dijajaran pemko banda aceh serta para peserta pelatihan. (trz)


SHARE: