Budidaya Lele Diruang Kosong Kantor Camat Baiturrahman

Banda Aceh – Pengembangan budidaya ikan lele bukan hanya dilakukan oleh masyarakat umum saja yang memiliki lahan yang luas, akan tetapi juga bisa dilakukan diruang-ruang sempit yang tidak terpakai. Seperti yang dilakukan pegawai kantor Camat Baiturrahman yang memanfaatkan ruang kosong disamping Kantor camat yang selama ini tidak terpakai.

Camat Baiturrahman, Ria Jelmanita S. Sos, Rabu sore (28/8) kepada media ini sesaat setelah menabur benih ikan lele disekeliling kantornya mengatakan, budidaya ikan lele ini merupakan ide bersama Muspika Baiturrahman karena melihat kantor Camat ini memmiliki ruang kosong terbuka disekelilingnya. “Kita sama Muspika sering melakukan rapat disini, kita lihat ruang kosong ini selama ini tidak terpakai, Jadi kenapa tidak kita manfaatkan untuk budidaya ikan lele saja”, jelas Ria tentang awal ide tersebut muncul.

Katanya lagi, Kolam ini merupakan swadaya dan hasil karya para pegawai kecamatan yang melakukan gotong-royong membuat kolam berbentuk Letter U yang mengelilingi Kantor Camat. Kemudian 2000 benih ikan lele diperoleh dari bantuan dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Kelautan Kota Banda Aceh.

Semetara itu, Sekcam Baiturrahman Rizal S. STP menambahkan, selain Muspika yang terdiri, Camat, Kapolsek AKP Irwan S. Sos, Danramil 14 Kapt. Inf Parianto, Unsur RAPI yang melakukan penaburan benih lele ini, juga ikut serta seluruh Ketua Pemuda Gampong se-Baiturrahman. “Para pemuda ini sengaja kita libatkan, nantinya juga kita dorong untuk melakukan hal yang sama di gampongnya dengan memanfaatkan lahan-lahan yang kosong. Saya yakin digampong-gampong masih banyak lahan-lahan kosong yang lebih luas” ujar Rizal. “Kalau mereka mampu memanfaatkan lahan yang ada, maka ini akan menjadi hal positif dan dari sisi ekonomi juga dapat menambah penghasilan mereka” kata Rizal lagi.

Terkait dengan pakan dan pemeliharaannya, lanjut Rizal, ini merupakan tugas pegawai kecamatan secara bersama-sama. “Pakannya, selain bantuan dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Kelautan Kota juga dari swadaya para pegawai kita sampai lele ini di panen” tambah Sekcam. (Mkk)


SHARE: