50 Komunitas Akan Meriahkan Piasan Seni 2014

Banda Aceh – Sedikitnya 50 komunitas dipastikan ikut ambil bagian pada Piasan Seni Banda Aceh 2014 yang berlangsung di Taman Sari sejak tanggal 29 sampai dengan 31 Agustus 2014.

Public Relation Even Piasan Seni 2014, Suryadi KTB mengatakan, even bergengsi yang bertajuk “Satu Ekspresi dalam Keberagaman” ini, akan dimeriahkan oleh berbagai komunitas seni, antaranya film, baik domumenter maupun film layar lebar. Kemudian juga komunitas tari dan juga seni rupa. Ajang setahun sekali yang digelar DIsbudpar Kota Banda Aceh ini diharapkan mampu menyodot perhatian wisatawan, baik lokal maupun asing.

“Banyak komunitas ikut dalam Piasan Seni kali ini, termasuk pekerja seni Multimedia, pekerja seni sastra dan banyak lainnya dalam Piasan Seni kali ini, keikutsertaan para seniman pada Piasan Seni kali ini bertambah dari tahun lalu, yakni mecapai 50 stand. Peningkatan ini sebagai bentuk keperdulian Pemerintah Kota Banda Aceh terhadap para pekerja seni ” kata public relation Piasan Seni, Suryadi KTB, Rabu (27/8/2014) di Banda Aceh.

Kata Suryadi, ada sedikit perbedaan dibandingkan ajang sebelumnya, karena piasan seni kali ini melibatkan komunitas etnis Thionghoa yang belum pernah terjadi sebelumnya. Rencananya komunitas Thionghoa yang sudah sejak lama tinggal di Peunayong, Banda Aceh akan ikut secara aktif dalam Piasan Seni Kali ini.

Suryadi KTB juga menjelaskan bahwa pada Piasa Seni kali tidak hanya melibatkan pekerja seni secara umum. Akan tetapi ada sejumlah pekerja seni di sekolah-sekolah juga akan diikut sertakan dalam even tahunan ini.

“Semua ini dilakukan Pemkot melalui Disbudpar Banda Aceh untuk memberikan apresiasi dan memberikan peluang untuk mempromosikan karya seni yang dimiliki oleh semua orang yang tinggal di Banda Aceh,” imbuhnya.

Kemudian untuk menghargai seluruh pekerja seni yang memiliki prestasi dan menghargai apa yang telah dicapainya. Panitia Piasan Seni juga akan memberikan panggung khusus dengan sebutan Panggung Apresiasi Seni. Pada panggung apresiasi seni ini nantinya bertujuan untuk memberikan ruang apresiasi bagi para seniman atau kelompok seni agar dapat menggelar karyanya langsung ke tengah-tengah masyarakat pengunjung Piasan Seni.

“Ada juga workshop seni, ini merupakan ruang penyajian edukasi kesenian yang memberikan pelatihan musik tradisi dan modern dan bincang seni terhadap Pelaku Kesenian dan masyarakat umum yang mempunyai minat untuk mempelajari kesenian tertentu,” imbuhnya.

Kemudian juga adanya sejumlah perlombaan Sebagai bentuk dari menggali potensi dan kreatifitas generasi untuk melihat sejauh mana perkembangan kesenian dan daya kreasi terhadap kemajuan jaman. Seperti lomba baca puisi tingkat SMA sederajat, lomba melukis anak-anak dan sejumlah perlombaan lainnya.

“Ada juga pemutaran film pendek, yang hobi nonton film bisa datang ke Piasan Seni nantinya. Film-film pendek itu yang akan diputar hasil karya cineas muda yang ada di Kota Banda Aceh, dimana film-film karya mereka akan diputar selama tiga hari berlangsungnya Piasan Seni 2014. Pemutaran Film Pendek ini dilakukan di Pentas Utama sehingga bisa disaksikan langsung oleh semua pengunjung Piasan Seni,” Ujar Suryadi. (Mkk)


SHARE: