Kiat Illiza Cerdaskan Warga Kota Lewat KIG

Banda Aceh – Sebanyak sembilan tim Kelompok Informasi Gampong (KIG) dari sembilan Kecamatan mengikuti lomba cerdas cermat KIG. Lomba ini digelar Dishubkominfo Kota Banda Aceh, Rabu (4/5/2016) di Aula lantai II, Gedung C komplek Balaikota, Banda Aceh dan dibuka langsung oleh Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE. 

Kata Illiza, sebelumnya KIG telah diberikan sosialisasi dan bimbingan dengan harapan kelompok informasi ini memiliki pengetahuan yang cukup.

“Sehingga mereka benar-benar bisa memberi informasi yang benar kepada masyarakat, baik itu info tentang program Pemerentah Kota, Kecamatan dan program Gampong,” ujar Illiza.

Selain itu, lanjut Illiza, kelompok ini juga bisa memberikan informasi-informasi aktual yang terjadi ditengah-tengah masyarakat karena kelompok ini telah dibimbing untuk terus mengikuti perkembangan informasi.

“Dengan update informasi yang mereka miliki, jadi mereka tahu persis apa yang jadi program pemerintah, apa yang harus mereka lakukan dan apa yang harus di hindari,” tambah Illiza.

Illiza berharap, program ini kemudian dapat menjadikan masyarakat Kota Banda Aceh menjadi masyarakat yang cerdas dunia dan akhirat. 

Sementara itu, Kadishubkominfo Kota Banda Aceh, selaku ketua panitia pelaksana lomba cerdas cermat KIG ini menyampaikan lomba cerdas cermat berasal dari Kelompok Informasi Gampong yang mewakili masing-masing Kecamatan. Kegiatan digelar dalam format lomba cerdas cermat dengan melewati babak penyisihan dan final.

“Ada tiga KIG yang lolos babak penyisihan untuk bertanding di babak final. Mereka akan di cecar 10 pertanyaan wajib dan 10 pertanyaan rebutan,” jelas Muzakir Tulot.

Kepada pemenang akan diberikan trophy dan uang pembinaan, dengan rincian juara satu Rp. 2 juta, juara dua Rp. 1,5 juta dan juara tiga Rp. 1 juta.

Kata Muzakir Tulot, kelompok ini bukan hanya eksis saat mengikuti lomba saja, namun akan terus diberdayakan dan akan terus berkomunikasi dengan pihak kecamatan untuk kemudian turun ke gampong-gampong menyampaikan informasi kepada masyarakat Banda Aceh. (mkk)


SHARE: