Hibur Anak-anak Penderita Thalassemia, Illiza Bawa Rara Tarmizi ke RSUZA

 

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal berkunjung ke Sentra Thalassemia Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA), Selasa (3/5/2016). Hari itu, 30 anak-anak penderita penyakit kelainan darah tersebut sedang menjalani tranfusi darah di sana.

Illiza tak sendiri, ia membawa serta Rara Tarmizi pelantun lagu “Remember Allah” untuk menghibur anak-anak penderita Thalassemia. Illiza masuk ke setiap ruangan untuk menyemangati mereka dan menyerahkan sejumlah bingkisan. 

Sementara Rara, sambil memetik gitar akustik, turut menyanyikan beberapa lagu karyanya untuk menghibur anak-anak yang harus menjalani transfusi darah setiap bulannya akibat penyakit yang belum ditemukan penawarnya tersebut. Senyum pun terukir di wajah-wajah polos mereka.

Data yang didapat dari Pengurus Persatuan Orang Tua Penderita Thalassemia Indonesia (POPTI) Aceh, saat ini ada lebih dari 300 penderita Thalassemia di Aceh, dan angka itu merupakan yang terbanyak di Indonesia.

Di sela-sela menjenguk anak-anak yang berasal dari berbagai daerah di Aceh tersebut, Illiza mengimbau pasangan yang hendak menikah agar memeriksakan kesehatannya untuk memastikan tidak menjadi carrier penyakit tersebut.

“Hal ini penting dilakukan agar keturunannya kelak tidak menderita penyakit yang sama. Jika terdeteksi lebih dini, maka langkah-langkah antisipasi dapat dilakukan oleh dokter. Sosialisasi mengenai penyakit kepada masyarakat terus kita gencarkan dengan bantuan komunitas maupun pihak lainnya.”

Ia menambahkan, ke depan selain di RSUZA yang dikelola oleh Pemprov Aceh, Pemko Banda Aceh sedang mempersiapkan Thalassemia Center di RSUD Meuraxa. “Ini komitmen kita agar seluruh penderita dapat terlayani dengan baik dan efisien, misalnya menghindari antrian yang panjang. Anak-anak penderita Thalassemia ini tidak sama dengan pasien lain, mereka tentu harus mendapat perlakuan khusus,” pungkasnya. (Jun)


SHARE: