Saat Illiza Semangati Anak-anak Penderita Thalassemia

Banda Aceh – Pengurus Persatuan Orang Tua Penderita Thalassemia Indonesia (POPTI) Aceh menggelar acara Jalan Sehat Bersama Thalassemia dan Gathering Orang Tua Thalassemia, Minggu (14/2/2016 di Taman Bustanussalatin (Taman Sari) Banda Aceh.

Acara ini digelar dalam rangka hari bermain anak-anak penderita Thalassemia dan ajang pertemuan para orang tua yang anaknya mengidap penyakit kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika dan menyebabkan hemoglobin tidak berfungsi secara normal tersebut.

Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal ikut menyemangati 35 anak-anak penderita Thalassemia yang hadir di sana. Seperti diketahui, jumlah penderita Thalassemia terbanyak di Indonesia terdapat di Aceh, dan setiap bulannya mereka harus menjalani tranfusi darah. Tercatat saat ini ada lebih dari 300 penderita Thalassemia di Aceh.

Dalam sambutannya, Illiza mengapresiasi POPTI Aceh yang telah menggagas acara tersebut guna membangkitkan semangat dan harapan masa depan bagi anak-anak Thalassemia. “Semoga dengan acara-acara seperti ini kita mampu mampumemotivasi anak-anak kita untuk terus semangat, dan mengedukasi masyarakat luas.”

“Kita harus selalu memberikan dukungan kepada mereka. Sesungguhnya dunia ini tempat ujian. Kita diuji dengan kekurangan, kelebihan, sakit, kecantikan, jabatan dan lain-lain. Kita tidak akan diberi ujian jika kita tidak sanggup. Anak-anak Bunda semua ini adalah anak-anak pilihan yang disayang Allah,” ujarnya.

Illiza mengingatkan, hal yang tak kalah penting adalah memberikan edukasi untuk membangun kesadaran masyarakat bahwakecil kemungkinan bagi anak-anak dengan orang tua pengidap Thalassemia untuk tidak mengidapnya juga. “Untuk itu, perlu terus didorong sosialisasi terhadap generasi muda untuk memeriksakan kesehatannya sebelum menikah sehingga dapat dilakukan tindakan-tindakan pencegahan.”

Pemerintah Kota Banda Aceh, kata Illiza, siap membantu dan memberikan dukungan kepada para penderita Thalassemia.Salah satunya dengan pembangunan Thalassemia Center di RSUD Meuraxa. “Doakan ya anak-anak semua agar cepat selesai, sehingga tidak perlu antri panjang lagi RSUZA. Tapi Bunda minta anak-anak harus tetap semangat ya,” pesan Illiza.

Tak ketinggalan, Illiza juga mengajak anak-anak penderita Thalassemia untuk menyanyikan beberapa lagu islami secara bersama-sama. Raut kebahagiaan pun terpancar dari wajah-wajah polos mereka. Acara yang didukung oleh komunitas Darah untuk Aceh dan PHTDI itu turut dihadiri oleh Anggota DPRA Darwati A Gani. (Jun) 


SHARE: