SMP 9, Sekolah Pertama Program DWP Banda Aceh Saweu Sikula

Banda Aceh – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Banda Aceh mengunjungi SMPN 9 Kota Banda Aceh dalam program DWP Saweu Sikula, Selasa (30/1/2018). Dipimpin langsung Ketua DWP Kota, Ny Ir Buraida Bahagia, organisasi istri PNS kota ini mengajak para siswa lebih giat belajar dalam rangka menghadapi ujian nasional berbasis komputer yang bakal digelar Mei nanti. 

Program DWP ‘Saweu Sikula’ (Kunjungi Sekolah) yang mengusung tema ‘Membangun Semangat Siswa Meraih Bintang Kegemilangan’ ini merupakan program yang akan terus berjalan ditahun 2018. SMPN 9 yang terletak di Peunayong merupakan Sekolah pertama yang dikunjungi oleh DWP.

“Ini program DWP, kita agendakan ada sejumlah sekolah yang kita kunjungi pada tahun 2018 ini, bisa sampai 6 atau lebih,” ungkap Buraida. 

Dalam kunjungannya ke sekolah, DWP kota ikut memboyong seorang motivator yang siap memberikan motivasi bagi para siswa untuk lebih giat belajar, disiplin, inovasi dan kreatif di sekolah. Sehingga para siswa diharapkan dapat lulus dengan nilai terbaik dan diterima di SMA/SMK favorit nantinya. 

“Kita ingin kehadiran DWP dapat dirasakan langsung, kami ingin memberi sesuatu yang kami punya untuk anak-anak sekolah. Seperti hari ini kita beri motivasi, mungkin untuk sekolah yang lain nanti akan kita programkan sesuai dengan kebutuhan sekolahnya,” tambahnya. 

Saat memberikan sambutannya, istri Sekdakota Banda Aceh ini juga memberikan sejumlah hadiah menarik bagi siswa SMPN 9 yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Tampak sejumlah siswa sangat antusias menjawab pertanyaan yang diajukan Ibu Buraida yang juga tercatat sebagai seorang dosen di Fakultas Teknik Unsyiah ini. 

Sementara itu, Kepala SMPN 9, Rima Afriani SPd MPd menyambut baik kehadiran DWP mengunjungi sekolahnya. Katanya merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi dirinya dan juga siswa dikunjungi organisasi DWP Kota.

“SMPN 9 adalah sekolah kecil yang tidak terlalu dikenal. Kehadiran DWP bisa meningkatkan motivasi siswa dalam meraih sejumlah prestasi dan giat belajar dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer nanti,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rima Afriani juga menyampaikan harapannya, yakni para siswa dan siswi SMPN 9 dapat lulus dengan nilai terbaik dan mampu menembus SMA favorit di Banda Aceh.

Kepada DWP, Rima Afriani juga meminta dibangun sebuah mushalla yang dapat menampung banyak jamaah, karena di SMPN 9 setiap zuhur digelar shalat berjemaah.

“Selama ini kita gunak ruang untuk shalat berjamaah, tentu tidak mampu menampung semua siswa. Kepada DWP kami mohon menjadi perhatian dan disampaikan ke pejabat-pejabat Pemko,” harapnya.

DWP Juga Share Pengetahuan Tanggap Bencana

Salah seorang siswa SMPN 9, Ikhwan Permana mengaku senang dengan program Saweu Sikula DWP Kota Banda Aceh. Siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dan mendapatkan hadiah dari Ketua DWP ini mengatakan program ini menarik minat dirinya dan para siswa.

“Selain meningkatkan motivasi, banyak hal yang bisa kami dapatkan dari ibu-ibu DWP. Kami juga diberikan pengetahuan bagaiman membangun komunikasi dengan baik dan pengetahuan tenggap terhadap bencana,” ujarnya.

Sementara itu, siswa yang lain berharap kegiatan DWP Saweu Sikula akan terus berjalan dan suatu saat akan kembali dijadwalkan mengunjungi sekolah mereka. (mkk)


SHARE: