Zikir Menggema di Masjid Al Furqan Beurawe

Banda Aceh – Ratusan warga bersama dengan Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman SE Ak MM larut dalam zikir di Masjid Al Furqan, Beurawe, Jum’at malam (10/11/2017). Hadir juga para ulama, Ketua DPRK Arif Fadillah, Sekdakota Banda Ir Bahagia DiplSE, para Kepala SKPK Pemko Banda Aceh, para Camat, para Keuchik dan unsur pemuda.

Zikir dan tausyiah yang digelar setiap malam Sabtu ini biasanya digelar di Pendopo Walikota karena Pemko belum memiliki bangunan yang representatif, namun pada tahun 2018 akan dibangun bangunan lokasi zikir yang mampu menampung hingga 20 ribu jemaah.

“Biasanya kita gelar dipendopo, malam ini kita gelar di Masjid Al Furqan ini sesuai dengan permintaan warga Beurawe,” ungkap Walikota saat menyampaikan sambutannya.

Kata Walikota, minggu sebelumnya zikir dan tausyiah digelar di lapangan sepakbola Lambaro Skep karena sesuai permintaan warga disana juga.

“Ketika tidak ada jadwal di gampong-gampong maka akan kita gelar kembali di pendopo. Ini kita lakukan sementara karena kita belum memiliki bagunan. Tapi insyaAllah akan kita bangun tahun depan dalam rangka menjadikan Banda Aceh sebagai kota zikir,” ujar Aminullah. 

Walikota menyampaikan alasan Pemerintahan yang dipimpinnya menggalakkan zikir di Banda Aceh. Katanya disamping lebih memantapkan pelakasanaan syariat Islam, zikir dan tausyiah memiliki manfaat positif lain seperti mempererat tali silaturrahmi dan juga mendorong membangkitkan ekonomi. 

“Yang paling penting lagi, meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan menambah ilmu agama kita dalam rangka menuju Banda Aceh gemilang dalam bingkai syariat,” tambah Walikota yang baru saja menghadiri pertemuan Walikota se Asia Fasific di Kolombo.

Aminullah juga menyampaikan kegiatan zikir yang digelar di Banda Aceh juga sebagai upaya dalam menarik minat wisatawan berkunjung ke Banda Aceh lewat konsep wisata Islami.

“Wisata Islami ini akan terus kita kembangkan seiring dengan program lainnya. Zikir harus jalan dan lainnya juga seperti aktivitas ekonomi akan jalan, sosial juga dan olahraga akan kita dukung terus. Semua akan berjalan beriringan dan akan saling menunjang nantinya,” tambah Walikota.

Sesaat sebelum zikir yang dipimpin Tgk Syukri Daud dimulai. Tgk Yusri Puteh menyampaikan tausyhiah singkat. Tgk Yusri Puteh menyampaikan apresiasi kepada Walikota dan jajarannya yang telah menggelar zikir secara rutin di Banda Aceh yang diikuti warga bersama aparatur gampong, aparatur Pemko, Muspika dan elemen lainnya. Menurutnya program ini layak dicontoh oleh daerah lain di Indonesia. (mkk)


SHARE: