30 Pejabat Pemko Banda Aceh Ikuti Diklatpim III

 

Banda Aceh – Sebanyak 30 pejabat Pemerintah Kota Banda Aceh yang terdiri dari 24 pejabat eselon III dan enam pejabat eselon IV yang berasal dari 21 SKPK mengikuti Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) III Angkatan II 2017.

Acara pembukaan digelar di Ruang Mini Theater Iskandar Muda, Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A IV) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Aceh, dan dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setdako Banda Aceh M Nurdin mewakili wali kota, Kamis (23/3/2017).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan M Nurdin, Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal menyebutkan penyelenggaraan Diklatpim ini dimaksudkan untuk mengubah kompetensi kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga yang bersangkutan dapat berprestasi lebih baik dalam jabatannya. Diharapkan pula, ASN dapat memperoleh pengertian yang lengkap mengenai Tupoksinya sehingga lebih mampu melaksanakannya sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

“Saudara-saudara memegang peranan penting dalam menjalankan roda kegiatan instansi di tempat  kerja masing-masing. Pelaksaaan Diklat kepemimpinan yang dilaksanakan dengan pola baru ini  menuntut peserta untuk menunjukkan kemampuanya dalam merancang suatu inovasi di unit kerjanya. Selanjutnya memimpin perubahan tersebut sehingga memberikan manfaat yang mendukung pelaksanan pekerjaan secara lebih berkualitas dan optimal,” sebutnya.

Untuk itu, ia berharap para peserta Diklatpim mampu  menerapkan inovasi yang dapat memperbaharui kinerja, kemampuan manajerial dalam mempengaruhi seluruh stakeholder baik internal maupun eksternal. Materi Diklatpim ini, katanya juga dirancang untuk  mampu menghasilkan ASN yang memiliki kemampuan untuk memimpin perubahan  dan melakukan inovasi di unit kerjanya. “Dan juga difokuskan pada upaya mewujudkan sosok aparatur yang memiliki karakter integritas tinggi, profesional, tangguh, memiliki nilai-nilai moral dan kejujuran, tanggung jawab serta memenuhi standar kompetensi yang dilandasi dengan iman dan takwa.”

“Selamat mengikuti Diklatpim III. Jadikan ini sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami tugas dan fungsi masing-masing, serta mampu meningkatkan kompetensi baik kompetensi manajerial, teknis dan sosio-kultural sebagai bekal dalam menjalankan fungsi kita selaku ASN yang profesional, berintegritas dan bertanggungjawab,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Aceh Syahrul mengharapkan seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan ini dengan penuh kesungguhan dan menjaga kedisiplinan untuk mendapatkan hasil terbaik yang nantinya akan membawa perubahan lebiih baik pada instansi masing-masing.

Ia menambahkan, hasil Pilkada beberapa saat yang lalu menurutnya tidak mempengaruhi kinerja para pejabat Pemko Banda Aceh. “Tingkat Provinsi Aceh dan Banda Aceh mempunyai kesamaan yaitu kandidat petahana sama-sama tidak terpilih kembali. Kita sebagai pekerja jangan terpengaruh, bekerjalah seperti biasa,” harapnya.

Emila Sofayana selaku Kepala BPSDM Kota Banda Aceh mengatakan Diklatpim III ini diikuti oleh 30 pejabat dari 21 SKPK yang terdiri 24 pejabat eselon III dan enam pejabat eselon IV. “Mudah-mudahan ke depan lebih banyak lagi pejabat struktural eselon III yang bias mengikuti diklat. Kami berharap akan lahir inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada warga Kota Banda Aceh,” harap Emila. (Hfz)


SHARE: