Disdik Dayah Banda Aceh Luncurkan Program Tahfidz Bagi Santri Dayah Salafiah

Banda Aceh – Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Banda Aceh berkomitmen mencetak kader ulama yang mumpuni di bidang pemahaman Kitab Kuning dan Penguasaan Ilmu Al-Qur`an.

Hal ini disampaikan oleh Plh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh, Muhammad Syarif SHI MH, saat peluncuran program Tahfidz Qur`an bagi santri Dayah Salafiyah beberapa hari yang lalu.

“Program Tahfidz Qur`an bagi santri Dayah Salafiyah kita luncurkan di Dayah Mini Aceh dan Dayah Mabdaul Ulum Al Aziziyah,” ujarnya.

Kata Muhammad Syarif, gagasan program Tahfidz Qur`an bagi santri Dayah berawal pada Rakor Pimpinan Dayah se-Kota Banda Aceh yang digelar pada tahun 2017, serta hasil Jak Saweu Dayah pasca dibentuknya Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh.

Program Tahfidz Qur`an bagi santri Dayah ini, lanjutnya juga mendapat dukungan maksimal Legislatif Kota Banda Aceh, yakni Komisi D.

“Untuk itulah kedepan program ini akan dijadikan program unggulan,” tambah Syarif.

Lebih lanjut, Syarif berharap lima Tahun kedepan banyak santri Dayah di Banda Aceh yang mampu mengahfal Al-Qur’an dan memahaminya sehingga adanya keseimbangan antara kemampuan memahami kitab kuning dengan kemampuan memahami kandungan Al-Qur`an.

“Jika para santri telah mampu menghapal Al-Qur`an dengan baik maka, Disdik Dayah juga akan memperkuat para santri dengan kemampuan bahasa Arab. Nanti, kita akan ajak donatur juga untuk membiayai program beasiswa bagi santri yang hafalan 15 sampai dengan 30 Juz untuk dipersiapkan sebagai calon Imam dan Khatib,” tutup Muhammad Syarif. (*)


SHARE: