//Perdana di FKM-UNMUHA

Perdana di FKM-UNMUHA

Oleh: Fitriana

(Mahasiswi Magister Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana,

Universitas Muhammadiyah Aceh)

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh (FKM-UNMUHA) yang beralamat di jalan Kampus Muhammadiyah no. 91, Batoh, Lueng Bata, Kota Banda Aceh menyelenggarakan kegiatan dengan tema: “Persembahan Laboratorium Kesehatan Masyarakat untuk Dosen dan Mahasiswa”. Kegiatan ini dilaksanakan di Lobby FKM-UNMUHA pada hari selasa bertepatan pada tanggal 11 Desember 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang diperoleh di bangku perkuliahan sedangkan untuk para dosen bertujuan untuk membimbing praktek mahasiswa secara langsung dan ikut memeriksakan kesehatannya. Kegiatan ini meliputi pemeriksaan Tekanan Darah (TD), pengukuran Berat Badan (BB) dan Tinggi Badan (TB), penyuluhan kesehatan serta pengenalan peralatan laboratorium.

FKM-UNMUHA dari sisi depan

Para mahasiswa sangat antusias berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka ingin mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai macam alat laboratorium dan cara penggunaannya, menguji kemampuan dalam pemeriksaan darah, pemeriksaan glukosa, dan lainnya. Laboratorium yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu laboratorium biomedik, laboratorium epidemiologi, Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP), kesehatan lingkungan, kesehatan reproduksi, gizi, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), dan laboratorium Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK).

Peralatan laboratorium Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

 

Suasana kegiatan dari berbagai laboratorium

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 60 peserta ini dimulai pada pukul 08.00-12.00 WIB. Kegiatan ini tidak hanya dikhususkan untuk mahasiswa dan dosen FKM saja, namun dosen luar yang kebetulan mengajar pun ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Drs. Fauzi Ali Amin, M.Kes selaku Wakil Dekan I FKM UNMUHA  juga turut memantau dan mengontrol secara langsung kegiatan ini, termasuk membimbing pengukuran BB dan TB untuk menentukan Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) yang bertujuan untuk mengukur normal berat badan seseorang berdasarkan tinggi tubuhnya.

Suasana Pengukuran          Tinggi Badan

Tahara Dilla Santi, M.Biomed selaku Kepala Laboratorium FKM-UNMUHA menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan perdana diadakan di FKM-UNMUHA dan didukung sepenuhnya oleh pihak kampus. Beliau juga mengatakan bahwa kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan secara rutin perbulan oleh pihak laboratorium untuk dosen dan mahasiwa di FKM UNMUHA dan juga akan mengagendakan dilaksanakan di Blang Padang pada minggu ketiga setiap bulannya. Tahara yang juga merupakan ketua penanggung jawab kegiatan mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa tidak hanya mampu memahami teori saja namun juga dapat mempraktekkannya. Hal ini juga berdampak pada peningkatan persentase kelulusan dalam Uji Kompetensi Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (UKAKMI) yang merupakan salah satu indikator untuk menjamin lulusan yang kompeten dan terstandar nasional. FKM Unmuha yang kini memperoleh akreditasi A juga sudah berupaya keras untuk meningkatkan lulusan yang kompeten di bidangnya. “Teori saja cepat lupa, tapi dengan adanya praktek terhadap apa yang mereka pelajari maka mereka akan lebih mengingatnya”, tutupnya.

Tahara Dilla Santi, M. Biomed (biru) memantau langsung kegiatan yang sedang dilaksanakan

MAHASISWI MKM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH INSTRUKTUR KURSUS KOMPUTER, LKP USWATUN HASANAH, ACEH BESAR