Aminullah: Alumni FEB Unsyiah Luncurkan Lembaga Wakaf

Banda Aceh – Bertepatan dengan peringatan HUT ke-60 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsyiah, para alumni kampus tertua di Aceh tersebut meluncurkan lembaga wakaf Warisan Amal Darussalam Aceh (WADA).

Dirangkai dengan seminar internasional, lembaga wakaf itu di-launching secara resmi oleh Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman SEAk MM di pendopo wali kota, Jumat (27/9/2019) malam.

Di tempat yang sama juga digelar seminar internasional bertema wakaf. Narasumbernya, Wakil Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) pusat Dr Yuli Yasin dan Direktur Wakaf Zakat dan Asuransi (WAZAN) Universiti Putra Malaysia (UPM), Dr Razali Othman.

Di antara tamu undangan terlihat hadir, pembina yayasan WADA; Prof Dr Nazir Adis dan Prof Dr Nazamuddin, serta Ketua Yayasan WADA Mahdi Muhammad. Hadir pula Sekdako Banda Aceh Bahagia bersama sejumlah pejabat lainnya.

Wali Kota Aminullah yang juga didapuk sebagai ketua umum milad FEB Unsyiah 2019, menyebut peluncuran lembaga wakaf tersebut sangat penting bagi kemaslahatan umat. “Saya menyambut baik seminar dan peluncuran lembaga wakaf ini.”

“Kegiatan ini akan memberikan dan mengembalikan spirit umat Islam Banda Aceh dan Aceh pada umumnya, untuk menjadikan wakaf sebagai bagian terpenting dalam pemberdayaan ekonomi umat sesuai syariat Islam,” ungkapnya.

Menurutnya, banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari wakaf, termasuk dalam upaya pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, baik dari segi sumber daya manusia maupun perekonomian. “Kehadiran lembaga zakat ini adalah peluang besar bagi kita semua untuk bisa menyejahterakan masyarakat.”

Mengenai wakaf sendiri, Aminullah mengatakan, selain berguna bagi masyarakat, juga bermanfaat bagi si waqif (pemberi wakaf). “Karena amalan wakaf adalah amal jariyah, yang pahalanya terus mengalir walaupun ia telah meninggal dunia,” katanya.

Pada kesempatan itu, alumni FEB Unsyiah angkatan 1978 itu mengingatkan, rangkaian Milad FEB Unsyiah yang telah dimulai sejak sebelum Ramadan lalu, akan diakhiri dengan acara puncak reuni akbar pada Sabtu (28/9) besok. “Insyaallah, Pak Plt Gubernur Aceh dan Pak Rektor Unsyiah akan hadir bersama-sama kita semua besok,” pungkasnya. (Jun)


SHARE: