Banda Aceh Raih Adipura Aceh

Banda Aceh – Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) 2019, Kota Banda Aceh berhasil meraih penghargaan Kota Sehat/Adipura tingkat Provinsi Aceh. Pengelolaan lingkungan Banda Aceh dinilai terbaik dari 22 kabupaten/kota lainnya di Aceh.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman pun mendedikasikan piala Adipura Aceh ini bagi para petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh atau yang kerap dikenal dengan ‘Pasukan Orange’.

“Atas nama Pemerintah dan Wali Kota Banda Aceh, saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada Pasukan Orange. Penghargaan ini saya dedikasikan kepada anda semua -pahlawan kebersihan Kota Banda Aceh.”

Ucapan terima kasih tersebut disampaikan Wali Kota Aminullah pada seremoni penyerahan penghargaan dari Pemerintah Aceh itu di halaman kantor DLHK3 Banda Aceh, Selasa (23/7/2019).

Di tempat yang sama, wali kota juga mem-publish “Nirwasita Tantra Award ” -penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI terkait penyediaan Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) terbaik.

Menurutnya, kedua penghargaan tersebut merupakan tahap pertama dan diharapkan dapat melecut semangat segenap elemen kota untuk meraih Piala Adipura tingkat nasional. “Jangan cepat puas karena masih ada tugas besar kita untuk membawa pulang Piala Adipura tingkat nasional ke Banda Aceh,” katanya.

Aminullah optimis Piala Adipura yang sempat absen tahun lalu untuk Banda Aceh, bisa diraih kembali tahun ini. “Dengan kerja keras kita semua, bukan hanya tugas pasukan orange, pasti bisa kita dapatkan kembali. Pengelolaan TPA regional Blang Bintang yang menjadi nilai minus kita tahun lalu, kini juga sudah sesuai standar.”

Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan masing-masing. “Karena semua aspek akan dinilai oleh Tim Penilai Adipura nantinya, bukan hanya yang nampak dari luar, tapi lingkungan secara keseluruhan,” katanya.

Dan sebagai ungkapan rasa syukur atas raihan Piala Adipura Aceh, wali kota turut menyerahkan bonus senilai Rp 100 juta bagi Pasukan Orange Banda Aceh. “Hadiah ini akan kita berikan dalam bentuk paket kepada bapak-ibu sekalian. Jika nanti dapat Piala Adipura nasional, hadiah yang lebih istimewa akan kita siapkan,” kata Aminullah disambut applause hadirin. (Jun)


SHARE: