Keuchik Zainal Buka Pengajian Muslimat MPU 2016

Banda Aceh – Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin membuka secara resmi pengajian Muslimat MPU Kota Banda Aceh 2016. Pengajian perdana digelar di Masjid Syeikh Abdurrauf, Gampong Blang Oi, dengan menghadirkan Ustaz Masrul Aidi Lc sebagai penceramah, Kamis (21/1/2016).

Mengawali sambutannya, Keuchik Zainal (sapaan akrab Zainal Arifin-red), mengapresiasi Muslimat MPU Banda Aceh yang tetap istiqamah mengadakan pengajian sejak 2013 lalu, dan telah berhasil membina pengajian ibu-ibu Majelis Taklim di beberapa gampong dalam Kota Banda Aceh.

“Dan Insya Allah akan diteruskan pada tahun ini dengan melibatkan ibu-ibu majelis taklim dari empat gampong lainnya di antaranya Gampong Lamdingin, Ateuk Munjeng, Emperom dan Gampong Blang Oi.”

Ia kemudian mengajak semua pihak untuk memperkuat pemahaman nilai-nilai keislaman agar tidak tersesat ke dalam gaya hidup yang modern dan tidak islami. “Meskipun ibu-ibu mungkin memulai dari skala yang sangat kecil yaitu keluarga, pengamalan tersebut semoga menjadi contoh bagi kelompok-kelompok lainnya sehingga diharapkan dapat meningkatkan pengamalan ajaran agama Islam secara lebih luas.”

Pemko Banda Aceh melalui MPU, sebutnya, berusaha mendukung penuh segala upaya pembinaan khususnya bagi pengajian Majelis Taklim di gampong secara bertahap. Ia pun berharap agar tempat-tempat pengajian di gampong-gampong semakin diperbanyak. “Sehingga kita dapat lebih berperan lagi dalam membangun kualitas keluarga dan masyarakat yang sesuai dengan nilai islami,” pungkasnya.

Sementara Ustaz Masrul Aidi dalam ceramahnya mengingatkan jamaah akan pentingnya menjaga tradisi dan budaya lokal yang kini mulai tergerus arus globalisasi. “Bekali anak-anak kita yang akan kuliah ke luar negeri dengan kearifan lokal, sehingga saat kembali ke Aceh mereka tetap menjadi orang Aceh yang paham budaya sendiri dan tidak menjadi duri di dalam daging.”

Ia juga mengharapkan melalui Pengajian Muslimat MPU ini bisa membentuk kaum wanita Banda Aceh yang lebih kuat dan resisten segala bentuk upaya pedangkalan akidah, di samping program lain yang sudah diterapkan Pemko Banda Aceh seperti pendidikan diniyah.

“Pendidikan diniyah di bangku sekolah telah kita terapkan selama empat tahun di Banda Aceh. Perubahan ke arah yang lebih baik butuh waktu dan proses, serta tentu tidak bisa instan. Namun sekarang kita sudah bisa melihat perbaikan di bidang pendidikan di Banda Aceh,” katanya

Turut hadir pada pengajian yang berlangsung hingga menjelang Ashar itu antara lain Ketua MPU Kota Banda Aceh A Karim Syeh, sejumlah Kepala SKPD, unsur Muspika Meuraxa, para aparatur gampong dan puluhan ibu-ibu majelis taklim. (Jun)


SHARE: